Tentang kami

Gelar insinyur seringkali dipahami secara sempit sebagai gelar bagi lulusan pendidikan tinggi teknik atau sarjana pendidikan tinggi teknologi. Amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran akan terdapat pemisahan area yang jelas antara Sarjana Teknik sebagai gelar akademik dan Insinyur sebagai gelar profesi, yang ditekankan kepada keahlian profesional. Undang-undang ini disusun untuk meningkatkan kompetensi sarjana teknik yang akan masuk ke bidang profesi keinsinyuran, dan memperoleh gelar Insinyur (Ir).

Berdasarkan kepentingan di atas, Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 676/C.C4/KL/2016 memberikan mandat kepada 40 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta untuk menyelenggarakan Program Studi Profesi Insinyur termasuk di antaranya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta didirikan berdasar dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 253/KPT/I/2018 tentang Pembukaan Program Studi Program Profesi Insinyur. Selain itu, penyelenggaraan PS-PPI UMY dalam rangka menghasilkan Sarjana Teknik yang mampu bersaing secara profesional dengan insinyur-insinyur dari negara dalam menghadapi ASEAN Economic Community.

Program Profesi Insinyur yang diselenggarakan UMY berasal dari dua jalur program, yaitu jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)  yang akan ditempuh dalam waktu 1 semester dan jalur Reguler yang akan ditempuh dalam waktu 2 semester.