UMY Buka Prodi Program Profesi Insinyur

Mei 14, 2018 oleh : superadmin-ppi

Sehubungan dengan mandat yang diterima Universitas Muhammadiyah Yogyakarta oleh Kemenristek Dikti sebagai salah satu dari 40 perguruan tinggi yang dipercaya untuk membuka Program Studi (Prodi) Program Profesi Insinyur, pada hari Jum’at (11/5/2018), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara resmi membuka Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) dengan ditandai pemukulan gong oleh Dr. Ir. Bambang Supriyadi CES DEA dari Koordinator Kopertis V, DIY.

Dalam pemukulan gong, Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto MP dan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) pusat, Ir. Rudy Purwondho, MSC., MBA., IPU turut mendampingi. Selanjutnya, diserahkan surat keputusan (SK) pengurus prodi oleh Rektor UMY yang diterima langsung oleh Ketua PS-PPI Dr Ir Sudarja MT.

Agenda Launching Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) ini berlangsung dari pukul 09.00-11.30 WIB di Gedung Pascasarjana UMY, terdapat juga agenda kuliah umum yang bertema “Peran Program Studi Program Profesi Insinyur dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa” yang disampaikan oleh Ir. Rudy Purwondho, MSC., MBA., IPU dari Kemenristek Dikti.

Adapun materi yang disampaikan oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia, Ir. Rudy Purwondho adalah bagaimana cara lulusan Sarjana Teknik mendapatkan gelar keinsinyuran dan juga pentingnya Profesi Insinyur dalam menghadapi tantangan global, serta industri. Pemegang gelar Profesi Insinyur diharapkan memiliki kemampuan mengelola dan merencanakan sumber daya, kemampuan memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan melakukan riset/analisis.

“Perlu kita ingat bahwa yang dimaksud dengan insinyur dalam bidang teknik adalah gelar profesi, dan untuk memperoleh gelar tersebut perlu untuk mengikuti program yang dibuka oleh perguruan tinggi. UMY juga membuka program untuk para senior yang sudah lebih dahulu lulus dengan mengikuti program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL),” kata Rudy selaku Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Pusat.

Dalam Konferensi Pers setelah launching PSPPI, Ir. Rudy Purwondho, MSC., MBA., IPA mengungkapkan bahwa Program ini baru dimulai 2016. Dari 40 perguruan tinggi yang diberi mandat, yang  menjalankan baru 22 perguruan tinggi. Menurutnya, dari 900 ribu sarjana teknik di Indonesia saat ini  60 persennya bekerja di bidangnya. Sedangkan yang menyandang gelar profesi insinyur saat ini sejumlah 300 orang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Studi Program Profesi Insinyur, bisa langsung mengunjungi web (PS-PPI) : http://ppi.umy.ac.id/